The Heritage, Mengubah Asinan Lokal Menjadi Bisnis Menguntungkan

Bisnis masakan memang tidak pernah ada ujungnya. Selalu ada saja yang mampu dieksplorasi dan dimanfaatkan menjadi sesuatu yang gres dan menguntungkan.

Ada aneka macam macam jenis masakan yang ketika ini sudah menjadi ladang bisnis bagi para pengusaha, terutama pengusaha sektor UKM. Mulai dari kuliner khas terkenal, kudapan atau snack, sampai kudapan bagus dan roti.

Percaya tidak percaya, siapa saja mampu mendulang untung dari aneka macam macam jenis masakan yang ada di Indonesia dan menjadikannya populer.

Salah satu orang yang memanfaatkan masakan tradisional lokal sebagai produk usahanya yakni Yessy Marsucy dengan nama The Heritage.

Heritage Asinan Betawi
Asinan, perpaduan gurih, manis, asam, dan pedas dari sayur dan bumbu khas lokal ini mempunyai banyak penggemar. Karenya, asinan termasuk masakan tradisional lokal yang mempunyai peluang besar untuk dikembangkan menjadi suatu bisnis.

Yessy, sapaan akrabnya, menyadari peluang tersebut. Ia melihat peluang asinan betawi sebagai produk perjuangan ketika melihat asinan betawi buatan ibunya yang disukai tetangga dan kerabat lainnya.

Ia pun berguru menciptakan asinan betawi dari resep sang Ibu. Pada 2011, bermodal uang 1,5 juta rupiah, ia resmi membuka perjuangan asinan betawi dengan nama The Heritage yang berlokasi di Taman Galaxy, Bekasi.

Penyesuaian Selera Konsumen
Pada dasarnya menciptakan bisnis masakan itu gampang-gampang susah. Hal ini dikarenakan ada faktor rasa yummy yang harus diakui secara umum.

Karenanya, Yessy tidak terpaku dengan resep asinan betawi pada umumnya. Selain biar konsumen di luar Betawi mampu menikmatinya, ia juga ingin produk asinannya mempunyai rasa unik yang khas.

Ia pun melaksanakan improvisasi resep, baik untuk rasa maupun paduan bahannya. Seperti lobak putih, tikim, dan lengkio, diganti dengan bengkoang, timun, bunga kol, tauge, wortel, dan daun selada.

Untuk mengetahui perbandingan citarasa asinan betawi miliknya dan asinan betawi pada umumnya, ia pun mengujicobakannya kepada konsumen.

Hasilnya, banyak konsumennya yang menyukai asinan hasil racikannya. Ia pun juga memproduksi asinan buah yang sering dipesan untuk program ijab kabul dan syukuran.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *