Software Komputer yang Wajib Dimiliki Oleh Setiap Perusahaan

Software Komputer yang Wajib Dimiliki Oleh Setiap Perusahaan

Dunia perkantoran sudah semenjak dahulu menggunakan aplikasi komputer untuk mempermudah segala administrasi. Bukan hanya aplikasi untuk mengurus dokumen-dokumen, tetapi juga aneka macam transaksi bagi perusahaan. Saat ini hampir setiap divisi perusahaan menggunakan software. Banyak sekali software yang sudah umum dipakai pada perusahaan dan UMKM. Hampir semua perusahaan dan UMKM tanpa memandang dari bidang yang mereka jalani, selalu mengharuskan menggunakan software aplikasi.

Software perkantoran yang biasa dipakai oleh perusahaan biasanya terdiri dari aplikasi mengolah kata, pengolah angka, dan software untuk presentasi. Ketiga software ini intinya menjadi kebutuhan pokok perusahaan dalam mengolah setiap laporan.

  1. Microsoft Office

Hampir semua perusahaan menggunakan software bawaan dari setiap komputer yang di beli. Micorsoft Office memang menjadi kebutuhan perkantoran dalam membantu setiap pengolahan dokumen, angka, dan juga segala macam presentasi serta sebagainya. Software ini juga sering dipakai untuk sekolah, rumah, dan kebutuhan dasar dalam menggunakan komputer.

Microsoft Office sendiri terdiri dari beberapa software yang mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Tetapi terdapat tiga software yang paling sering dipakai oleh perusahaan dalam membantu segala manajemen perusahaan. Software tersebut yakni Microsft Office Word, Microsoft Office Excel, dan juga Microsoft Office Power Point. Microsoft Office sudah ada semenjak 19 November 1990. Dan selalu ditambah fitur sesuai dengan impian dan kebutuhan para penggunannya.

  1. Open Office

Open Office menjadi salah satu software lainnya yang sering dipakai pada dunia perkantoran. Tetapi memang Open Office tidak setenar mirip Microsoft Office, mungkin tidak banyak orang pun yang mengetahui akan software yang satu ini. Meskipun software perkantoran yang Open Office lebih mendukung disemua OS dibandingkan dengan Microsoft Office, Open Office lebih sering dipakai pada platform Linux. Jika Microsoft Office memang lebih sering dipakai untuk Windows dan Macintosh. Bahkan Open Office diklaim mampu berjalan secara lebih baik disetiap OS.

Bila Anda menggunakan Open Office dan file yang Anda miliki tersimpan dalam format Microsoft Office, Anda tak perlu khawatir harus melaksanakan compress file terlebih dahulu. Karena Open Office sudah menyediakan fitur untuk membaca file dari format Microsoft Office. Jika Anda di kantor menggunakan software Open Office, Anda tak perlu khawatir dan resah untuk merubah ke dalam format Microsoft Office. Tentunya penggunanaan Open Office tidak jauh berbeda dengan Microsoft Office.

  1. Kingsoft Office

Software perkantoran yang satu ini sudah cukup populer di Negeri Tirai Bambu, China. Disana Kingsoft Office dikenal dengan WPS Office. Untuk tampilan sendiri sangat friendly dan software yang dikembangkan oleh vendor software asal China Kingsoft ini sudah ada semenjak 2002. Software perkantoran Kingsoft ini memang benar-benar didesain sangat mirip dengan Microsoft Office. Bahkan fitur yang ada di beberapa software Kingsoft Office benar-benar ibarat Microsoft Office. Sehingga Anda tidak akan merasa kesulitan untuk menggunakan Kingsoft Office.

Keunggulan dari Software asal China ini ialah ukuran file yang kecil. Bahkan filenya kurang dari 50 MB dan diklaim tidak memakan tempat. Sehingga software yang satu ini sering dipakai pada komputer-komputer dengan OS lama, alasannya ialah akan berjalan cukp baik dibandingkan dengan Microsoft Office. Kingsoft Office mempunyai beberapa software untuk pengolah kata, pengolah angka, dan juga untuk presentasi. Kingsoft Office juga menyediakan software semacam notepad. Apa lagi Kingsoft Office terdapat versi free dan pro. Dimana Kingsoft Office Free hanya tiga tool office saja. Namun semua itu sudah sangat menunjang pekerjaan Anda di Kantor.

  1. LibreOffice Software
    Software perkantoran yang satu ini juga mempunyai aplikasi yang cukup baik meskipun mampu Anda peroleh dengan gratis. Ada sekitar enam fitur yang akan Anda dapatkan dikala menginstall software ini. Fitur yang diberikan pun hampir sama dengan fitur yang terdapat pada Microsoft Office. Sehingga Anda tidak perlu takut untuk tidak mampu menggunakan software yang satu ini. Karena software ini memang sudah sangat mirip dengan Microsoft Office.

Apa lagi software yang satu ini sudah cukup lengkap dan fiturnya tidak berbeda jauh dengan software perkantoran pada umumnya. Dan yang harus kalian tahu, software ini mempunyai ukuran file yang cukup kecil yakni hanya membutuhkan ruang di memori sebesar 200 MB. Bagi Anda yang mempunyai penguasaan bahasa Inggris yang kurang baik, maka Libre Office mampu menjadi pilihan yang tepat. Karena software perkantoran yang satu ini sudah mempunyai fitur bahasa Indonesia, Keren kan?

Ditambah lagi pada Libre Office mempunyai satu software yang berkhasiat hampir sama dengan Corel Draw, yakni Draw. Draw sendiri merupakan software untuk pengeditan vektor. Makara kau yang ingin melaksanakan editing software vektor mampu menggunakan software yang satu ini untuk mengedit vektor.

Namun sayangnya software Libre ini mempunyai beberapa fitur yang agak berbeda dengan Microsoft Office pada umumnya. Sehingga terkadang menciptakan resah para pengguna software yang satu ini. Apa lagi tidak didukung dengan fitur penyimpanan yang sama dengan Microsoft Office, terkadang file Microsoft Office yang masuk ke dalam Libre Office harus menata ulang paragraf dan tabelnya.

  1. SoftMaker Office

Software yang satu ini mungkin menjadi salah satu pilihan bagi para pengguna rumahan dan kalangan pendidikan. Karena software dari SoftMaker Office sepertinya diperuntukan untuk kalangan pendidikan. Uniknya lagi software yang satu ini pun menyediakan segala fitur yang mempunyai beberapa fitur yang hampir sama dengan Microsoft Office, mirip fitur pengolah kata, angka, dan presentasi. Dan juga para pengguna Softmaker dimanjakan dengan fitur menciptakan file PDF secara pribadi yang diberikan oleh pengembang Softmaker.

Softmaker Office pun sangat support untuk segala jenis Operating System mulai dari Windows, Linuk, Macintosh, dan Pocket PC. Softmaker pun terdapat versi smartphone yang mampu di downlioad langsung. Softmaker mempunyai tampilan yang lebih baik di smartphone dibandingan dengan tampilan di PC.

  1. Google Doc
    Google Doc mungkin belum dipergunakan sepenuhnya untuk perusahaan. Karena aplikasi ini harus dijalankan secara online. Fasilitas ini mampu dipakai secara online, tidak ada versi offline. Dengan Google Doc Anda mampu mengerjakan secara bareng-bareng dengan rekan satu divisi. Karena sistem penggunaan online dan siapapun mampu mengedit pribadi di file ini, hanya dengan mengundang rekan Anda menggunakan email Google.

Tidak terlalu sulit menggunakan Google Doc. Apa lagi fitur yang ada di Google Doc sangat mirip dengan apa yang tersedia pada Microsoft Office. Keunggulannya ialah file yang Anda simpan tidak akan pernah hilang dan terkena virus. Anda pun mampu pribadi mengerjakan dan mengirimkan file yang diperlukan pada Google Docs melalui email. Google Docs memang belum setenar dengan fitur software aplikasi lainnya. Karena ini sangat membantu orang-orang yang selalu bekerja secara online.

Untuk mampu mengakses Google Doc Anda hanya mampu diakses melalui akun email Google. Sehingga kalau Anda belum mempunyai akun email Google, maka Anda wajib mendaftar dan menciptakan akun email Google terlebih dahulu biar mampu menggunakan kemudahan Google Docs.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *