Lakukan 5 Hal Ini untuk Tetap Hemat Uang

Lakukan 5 Hal Ini untuk Tetap Hemat Uang

Susun Anggaran Keuangan

Apapun yang akan Anda lakukan di dalam keuangan, terlebih dahulu Anda perlu menyusun anggaran keuangan. Susunlah dengan sempurna sesuai dengan kebutuhan dan kondisi penghasilan Anda.

Pastikan setiap anggaran diatur secara ketat untuk menekan jumlah pengeluaran yang berlebihan. Lalu, jalankanlah anggaran keuangan Anda dengan baik sebagaimana mestinya.

Buat Rekening Khusus Tabungan

Sebaiknya, Anda mempunyai rekening tersendiri untuk menyimpan dana tabungan Anda. Sehingga tabungan Anda kondusif dan tidak diganggu gugat. Kecuali ada kebutuhan mendesak, ya apa boleh buat.

Bila perlu, rekening tersebut tidak mempunyai kartu debit dan kartu kredit. Dengan begitu, Anda akan lebih sulit terpengaruhi untuk mengambil tabungan Anda untuk keperluan yang tidak jelas.

Konsisten Menabung

Menabunglah secara konsisten setiap bulan. Pastikan Anda selalu menyisihkan sebagian penghasilan dari bisnis Anda untuk ditabung.

Supaya Anda tetap konsisten, Anda harus mengutamakan dana tabungan. Maksudnya, setiap final bulan, langsunglah mengamankannya dengan mentransfer sebagian penghasilan ke rekening tabungan Anda.

Kendalikan Nafsu Belanja

Bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Tetap ekonomis uang dan hindari memakai uang Anda untuk hal-hal yang tidak benar-benar penting.

Namun, bukan berarti Anda tak boleh membeli barang glamor atau bersenang-senang. Hanya saja, mengendalikan nafsu belanja itu lebih baik agar keuangan Anda tetap terkontrol dengan benar.

Lakukan Investasi

Melihat uang yang banyak di rekening mampu menciptakan Anda ingin berbelanja. Supaya Anda tidak tergoda, Anda mampu mengubah sebagian uang berlebih Anda dalam bentuk aset.

Ada banyak sekali jenis investasi yang bagus, mirip reksanada, emas, properti, dan sebagainya. Pilih yang dianggap paling sempurna dan berinvestasilah segera demi masa depan Anda.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *