5 Langkah Mengelola Keuangan Agar Bisa Mapan dan Punya Bisnis Sendiri

Uang untuk Kebutuhan Sehari-hari

Sebagai gambaran untuk menawarkan Anda gambaran, maka anggap saja penghasilan Anda per bulan sebesar Rp 4 juta dan Anda tinggal bersama orang tua. Li Ka Shing menyarankan untuk membagi penghasilan pada porsi pertama untuk kebutuhan sehari-hari, yakni sebesar Rp 1,5 juta per bulan atau Rp 50 ribu per hari. Misalnya, untuk biaya transportasi ke kantor, pulsa, dan makan. Jika Anda merasa berat, Anda mampu menekan pengeluaran dengan sedikit berhemat, mirip dengan membawa bekal dari rumah.

Uang untuk Kebutuhan Sosial

Jika Anda ingin sukses, Anda harus menjaga kekerabatan baik dengan orang lain. Anda harus berusaha membangun jaringan pertemanan atau networking, yang nantinya akan bermanfaat dikala Anda menjalankan bisnis. Jadi, untuk porsi kedua yaitu membagi penghasilan untuk kebutuhan sosial. Anggap saja sebesar Rp 600 ribu. Misalnya, untuk mentraktir sobat makan siang. Namun, pilih sobat yang mampu menawarkan manfaat positif. Selain dianggap sebagai sosok yang baik, suatu hari Anda akan menerima manfaat yang baik dari mereka.

Uang untuk Kebutuhan Belajar

Menjadi pebisnis butuh wawasan yang luas. Untuk itu, Anda perlu membagi penghasilan bulanan Anda untuk kebutuhan belajar. Anggap saja sebesar Rp 500.000. Misalnya, uangnya untuk membeli buku dan mengikuti seminar bisnis. Manfaatkan uang tersebut untuk hal-hal yang mampu menawarkan Anda pengetahuan dan keterampilan yang berguna.

Uang untuk Kebutuhan Liburan

Anda perlu menyisihkan uang untuk kebutuhan liburan, contohnya sebesar Rp 400 ribu per bulan. Minimal Anda berlibur sekali dalam setahun. Gunanya sebagai hadiah untuk diri sendiri sehabis bekerja keras. Sehingga Anda mampu menikmati kehidupan dan menambah pengalaman berharga. Karena niscaya akan ada hal-hal gres yang akan Anda temukan dikala liburan dan akan menjadi ilham bagi Anda.

Uang untuk Kebutuhan Bisnis

Porsi yang terakhir yaitu membagi uang bulanan Anda untuk kebutuhan bisnis. Misalnya, Rp 1 juta per bulan disisihkan untuk modal usaha. Anggap saja uang tersebut bab dari investasi, alasannya dengan berbisnis Anda punya pemasukan embel-embel dan mampu mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Jadi, kelolalah uang untuk modal perjuangan Anda dengan menjalankan bisnis yang menjanjikan. Usaha kecil-kecilan pun akan menghasilkan laba yang besar kalau Anda tekun mengembangkannya.

Nah, agar langkah-langkah di atas mampu diterapkan untuk mengelola keuangan Anda setiap bulan. Semoga nantinya Anda mampu menjadi mapan dan sukses dalam bisnis yang Anda jalankan.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *