5 Trik Merancang Kantor di Rumah Tempat Tinggal

5 Trik Merancang Kantor di Rumah Tempat Tinggal

Kosongkan Satu Ruangan untuk Kantor

Pilih salah satu ruangan yang jarang dipakai. Misalnya, kamar tidur yang tidak lagi terpakai mampu diubah menjadi ruang kantor.

Kosongkan ruangannya dan pindahkan segala barang milik Anda sekeluarga ke ruangan lain. Biarkan ruangan itu dikhususkan untuk bekerja dan tidak lagi digunakan untuk acara pribadi.

Lalu, Anda mampu mulai mendesain dan mengatur ruang kantor dengan leluasa. Siapkan segala perlengkapan kerja, mulai dari meja, kursi, lemari, komputer, dan lain-lain.

Sekat antara Ruang Kantor dan Ruang Lainnya

Mungkin kamar tidur atau ruang keluarga berada sempurna di samping ruang yang Anda sediakan untuk kantor. Jika tidak ada pembatas, niscaya Anda atau penghuni rumah lainnya akan merasa tidak mempunyai ruang pribadi lagi.

Maka dari itu, Anda perlu menyekat ruangan. Tidak perlu membangun tembok, alasannya adalah akan menyulitkan ketika ingin dibongkar. Namun, cukuplah menggunakan partisi untuk membagi ruangan.

Partisi ruangan non-permanen mampu dengan memasang rak atau cermin besar. Coba gunakan jasa desainer interior profesional untuk merancangkan partisi yang menarik.

Area Kantor Berbeda Lantai dengan Area Pribadi

Anda perlu sekat kalau ruang kantor dan ruang pribadi berada di lantai yang sama dan berdampingan. Masalahnya, sekat terkadang tidak terlalu efektif untuk menjaga privasi.

Solusinya, Anda mampu memisahkan ruangan menurut lantai. Misalnya, lantai dasar untuk kantor dan lantai atas untuk area daerah tinggal.

Dengan begitu, pemisahan ruangan lebih terperinci dan privasi mampu lebih terjaga. Konsentrasi kerja juga mampu lebih baik alasannya adalah karyawan tidak akan melihat penghuni rumah yang berlalu-lalang.

Ada Akses Khusus untuk Karyawan Keluar-Masuk

Saat merancang kantor di rumah, Anda perlu menciptakan dua pintu berbeda. Pintu utama tentu untuk Anda sekeluarga, sedangkan pintu pelengkap untuk karyawan keluar-masuk.

Penerapaan susukan khusus ini juga bermanfaat ketika ada tamu yang tiba untuk urusan pekerjaan. Para tamu jadi mampu eksklusif menuju kantor dengan melalui pintu tersebut.

Dengan cara ini, Anda sekeluarga akan tetap mempunyai area privat, meskipun kantor berada di atas lahan atau gedung yang sama dengan rumah daerah tinggal.

Buat Peraturan untuk Tidak Memasuki Area Pribadi

Buatlah peraturan bagi karyawan biar tidak memasuki area pibadi, mirip ruang keluarga, ruang makan, dapur, kamar tidur, dan sebagainya. Karyawan hanya boleh berada di ruang kantor selama jam kerja.

Dengan adanya peraturan, Anda mampu terhindar dari karyawan yang iseng dan masuk ke area pribadi Anda. Karyawan akan tahu diri dan memahami privasi keluarga Anda.

Bila perlu, pasang papang peringatan di area yang dihentikan dimasuki oleh karyawan atau siapa pun yang tidak berkepentingan, sehingga pemisahan ruangan mampu lebih terperinci demi kenyamanan bersama.

Nah, itulah trik merancang kantor di rumah biar privasi keluarga tetap terjaga. Cobalah Anda terapkan kalau Anda ingin menyebabkan rumah sebagai kantor perusahaan Anda.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *