10 Persiapan Sebelum Memulai Usaha Baru Anda

10 Persiapan Sebelum Memulai Usaha Baru Anda

Mencari Mitra Bisnis

Jika Anda menjalankan perjuangan perorangan, maka Anda tak perlu mencari business partner atau kawan kerja. Anda akan menjadi pemilik perjuangan tunggal dan bebas dari campur tangan pihak lain. Namun, kalau Anda ingin membangun tim sukses, maka carilah orang-orang yang sempurna sebagai co-founder dari bisnis Anda.

Memilih Jenis Usaha

Pilih jenis perjuangan ingin Anda jalani, tapi juga mempunyai prospek yang bagus. Anda mampu menjalankan perjuangan di bidang jasa atau barang dan berbasis online atau offline. Pikirkan baik-baik sebelum memutuskan. Jangan hingga Anda salah pilih hanya alasannya ialah ikut-ikutan orang lain.

Menentukan Produk

Apa produk yang ingin dijual? Di mana Anda mampu mendapatkannya? Namun, kalau produknya diproduksi sendiri, bagaimana cara membuatnya? Cari tahu keunggulannya. Siapkan juga bagaimana pengemasan produk semoga menarik di mata konsumen. Lakukan persiapan sebelum memulai perjuangan untuk menjualnya.

Mengenali Pasar

Lakukan analisa pasar untuk mengetahui minat masyarakat, khususnya konsumen yang menjadi sasaran market bisnis Anda. Cari tahu pendapat mereka perihal produk yang ingin Anda pasarkan. Sekalian cari tahu juga kompetitor yang ada untuk mempersiapkan seni manajemen dalam menghadapi mereka.

Membuat Nama Usaha

Nama perjuangan itu bab sangat penting dalam acara promosi. Kembangkan kreativitas Anda semoga mampu menciptakan nama perjuangan yang menarik dan gampang diingat oleh publik. Brand Anda harus berbeda dari yang lain dan sebaiknya mampu merepresentasikan jenis perjuangan Anda.

Sumber Pendanaan

Darimana modal perjuangan Anda? Apakah dari uang langsung atau patungan bersama kawan bisnis Anda? Selain itu, Anda juga mampu mencari sumber pendanaan lainnya. Misalnya, dari derma bank, mencari investor, dan lain-lain. Pastikan modal Anda cukup untuk menjalankan perjuangan tersebut.

Rencana Bisnis yang Matang

Perencanaan bisnis harus dilakukan dengan serius. Tentukan visi-misi dalam bisnis. Target apa yang ingin dicapai? Pikirkan baik-baik seni manajemen promosi dan pemasaran yang jitu untuk memperkenalkan bisnis Anda dan merebut hati konsumen. Buatlah dengan penuh perhitungan supaya bisnis Anda punya arah dan tujuan yang jelas.

Menentukan Lokasi Bisnis

Lokasi bisnis ialah daerah yang menjadi sentra acara perjuangan Anda. Jika Anda menjalankan bisnis offline, carilah daerah strategis yang tepat. Atau kalau Anda akan menyewa kantor, carilah gedung perkantoran yang nyaman dan memudahkan proses acara bisnis Anda.

Merekrut Pekerja

Anda juga perlu menyiapkan pekerja, kalau perjuangan Anda sudah membutuhkannya semenjak awal. Jika Anda mau merekrut karyawan, tentukan kriteria dan job desk-nya. Sebarkan lowongan kerja di internet dan interview mereka. Kemudian, pilih yang terbaik dari semua pelamar.

Mengurus Izin Usaha

Mungkin belum ada aturan yang terang dari pemerintah untuk bisnis online kecil-kecilan. Namun, kalau bisnis Anda lebih profesional, maka sebaiknya Anda memperhatikan aspek legalitas. Sehingga perjuangan Anda sah di mata aturan dan Anda mampu merasa kondusif dikala bisnisnya berjalan.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *