Mengenal Liliane Bettencourt, Wanita Terkaya di Dunia

Mengenal Liliane Bettencourt, Wanita Terkaya di Dunia

Meninggal pada 2017

Liliane Henriette Charlotte Bettencourt wafat pada tanggal 21 September 2017 di usia 94 tahun. Ia meninggal di kediaman pribadinya di Paris, Perancis.

Kabarnya, Liliane meninggal balasan penyakit demensia dan alzheimer yang sudah dideritanya semenjak 2006. Itulah sebabnya ia meninggalkan jabatan direksi L’Oreal pada 2012 dan jarang terlihat di hadapan publik sehabis itu.

Kehidupan Pribadi

Liliane Henriette Charlotte Bettencourt lahir pada tanggal 21 Oktober 1922 di Paris. Ia yaitu anak tunggal dari pasangan Louise Madeleine Berthe dan Eugene Schueller, pendiri L’Oreal.

Ketika Liliane berusia 5 tahun, ibunya meninggal dunia. Sementara ayahnya meninggal pada 23 Agustus 1957, dan kemudian mewarisi perusahaan L’oreal kepadanya.

Pada 1950, ia menikah dengan politisi berjulukan Andre Bettencourt, yang menjabat sebagai menteri kabinet di pemerintahan Perancis pada 1960-an dan 1970-an. Mereka mempunyai seorang putri berjulukan Françoise Bettencourt Meyers.

Andre wafat pada 19 November 2007 di usia ke-88. Hingga simpulan hayatnya, Liliane tidak menikah lagi dan tetap setia dengan kesepakatan pada suaminya.

Kepemimpinan di L’Oreal

Pada umur 15 tahun, Liliane Bettencourt sudah magang di L’Oreal. Ia berguru mencampurkan kosmetik dan melabeli botol-botol sampo.

Setelah sang ayah meninggal, ia meneruskan kepemimpinan di L’Oreal dan menjadi pemegang saham utama. L’Oreal kemudian menjadi perusahaan go public dan menjual 50 persen sahamnya pada Nestle pada 1974.

Sejak ketika itu perusahaan yang bangun pada 1909 ini semakin dikenal oleh publik. Bahkan sekarang L’Oreal menjadi perusahaan terbesar ke-4 di Perancis dan salah satu perusahaan kosmetik terbesar di dunia.

Liliane menawarkan bantuan yang kasatmata bagi perkembangan L’Oreal sampai mempunyai gerai di 130 negara. Perusahaan terus berinovasi dan mempunyai lebih dari 500 hak paten terhadap produknya.

Sepeninggal Liliane, putrinya Francoise Bettencourt Meyers mewarisi 33 persen saham di L’Oreal. Keluarga pun menyatakan akan tetap berkomitmen untuk L’Oreal dan tim manajemennya di seluruh dunia.

Sosok yang Dermawan

Semasa hidupnya, Liliane dikenal sebagai sosok yang dermawan. Melalui yayasan amal Bettencourt Schueller Foundation, Liliane dikabarkan menyumbangkan hampir separuh gajinya.

Yayasan ini membantu biaya pendidikan belum dewasa yang kurang mampu, menawarkan beasiswa bagi pengrajin berprestasi, mendorong perempuan untuk mengejar ilmu pengetahuan, dan juga penelitian untuk pengembangan obat anti HIV/Aids.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *