Setelah Lulus Kuliah: Langsung Kerja vs Buka Usaha

Setelah Lulus Kuliah: Langsung Kerja vs Buka Usaha

Lulus Kuliah Langsung Kerja

Setelah Anda meraih gelar sarjana, Anda akan lebih gampang menerima pekerjaan. Apalagi bila Anda mempunyai prestasi di universitas, aktif dalam organisasi mahasiswa, dan lulusan kampus ternama.

Jika Anda menentukan untuk menjadi karyawan terlebih dahulu, maka carilah perusahaan yang elok dan bergerak di bidang industri yang sesuai minat Anda. Misalnya, bila Anda berencana untuk membangun bisnis e-commerce sendiri, cobalah melamar kerja di perusahaan startup. Sehingga Anda akan menerima pengalaman yang berkhasiat untuk bekal Anda ketika berbisnis nanti.

Adapun laba yang mampu didapatkan bila Anda bekerja dulu, antara lain Anda mampu mempelajari keseluruhan proses bisnis di perusahaan, mampu membangun kekerabatan bisnis dengan para profesional, dan Anda mampu menerima honor bulanan yang niscaya untuk mengumpulkan modal usaha.

Namun, jangan lupa merencanakan hingga kapan Anda akan bekerja kantoran. Buatlah sasaran semenjak awal Anda bekerja semoga planning Anda untuk berbisnis mampu tetap direalisasikan.

Lulus Kuliah Langsung Usaha

Terjun eksklusif ke dunia bisnis sesudah lulus kuliah? Kenapa tidak! Boleh saja, walau Anda mungkin belum punya pengalaman bisnis sama sekali.

Modal perjuangan mampu dari hasil tabungan sendiri atau dari pemberian orang tua. Namun, Anda harus tahu bahwa berbisnis itu penuh resiko. Sebagai pebisnis pemula, Anda harus menyiapkan diri sebelum membuka usaha.

Selama Anda kuliah, mulailah mempelajari perihal dunia usaha. Anda mampu membaca banyak buku perihal bisnis, aktif mengikuti seminar wirausaha, dan bergabung dengan komunitas bisnis anak muda.

Anda harus membekali diri Anda dengan wawasan bisnis supaya Anda lebih siap berkecimpung di dunia bisnis yang penuh tantangan dan persaingan. Anda juga perlu membangun koneksi supaya Anda mampu berguru dari yang berpengalaman dan menerima santunan ketika menghadapi rintangan dalam bisnis.

Namun, bagaimana bila gagal? Tidak perlu terlalu dipikirkan. Setiap pebisnis yang ketika ini sudah sukses dulunya pernah gagal. Usia Anda masih 20-an dan Anda masih punya banyak kesempatan untuk berguru dari kegagalan.

Jika belum berhasil, coba lagi dan lagi. Mumpung belum berumah tangga, beban ekonomi masih rendah, dan masih punya energi lebih, maka Anda masih punya banyak waktu untuk mengejar harapan Anda.

Anda yang menentukan masa depan Anda sendiri. Anda sudah remaja dan bebas untuk menentukan apakah sesudah lulus kuliah eksklusif kerja atau buka usaha. Selamat merencanakan tujuan hidup Anda. Semoga Anda sukses menjalankan pilihan Anda.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *