7 Cara Efektif Mengelola Keuangan Bisnis untuk Usaha Kecil

7 Cara Efektif Mengelola Keuangan Bisnis untuk Usaha Kecil

Pisahkan Uang Pribadi dan Uang Usaha

Hal yang paling fundamental dalam mengatur keuangan ialah memisahkan uang pribadi dengan uang usaha. Anda harus membagi uang Anda, mana yang untuk anggaran pribadi dan mana yang untuk anggaran bisnis. Jika tidak, tanpa Anda sadari atau tidak, Anda mampu secara sengaja atau tidak sengaja memakai modal perjuangan Anda untuk keperluan pribadi. Akibatnya, Anda mampu kekurangan modal untuk menyebarkan perjuangan Anda.

Cara pemisahan mampu dengn menciptakan dua rekening bank yang berbeda, yakni untuk bisnis dan pribadi. Sehingga Anda mampu lebih mengontrol secara ketat pengeluaran pribadi dan tidak memakai uang perjuangan di luar kepentingannya.

Rencanakan Penggunaan Uang

Buat sistem keuangan yang baik dengan merencanakan penggunaan uang. Jika modal Anda sedang berlimpah, Anda jangan menghambur-hamburkannya. Sementara kalau modal Anda sedang terbatas, Anda mampu mengatasinya semoga tidak defisit. Untuk itu, Anda perlu merencanakan pengeluaran dengan menyesuaikannya pada penerimaan kas perjuangan Anda.

Lakukan Pembukuan

Tidak baik mengelola uang menurut ingatan. Anda harus melaksanakan pembukuan atau pencatatan yang lengkap. Anda mencatat uang yang keluar dan uang yang masuk setiap hari. Catat juga hutang piutang dan aset yang Anda miliki. Dengan demikian, Anda mampu mengetahui arus kas perjuangan atau keluar masuknya uang. Anda tahu apakah bisnis Anda mengalami kerugian atau keuntungan. Anda juga mampu mengecek kalau ada uang yang terselip.

Sisihkan Keuntungan untuk Modal

Sebagian laba yang Anda peroleh mampu Anda berikan untuk anggaran pribadi. Sedangkan sebagian lagi mampu Anda sisihkan untuk suplemen modal usaha. Anda tentu perlu modal yang lebih besar untuk menyebarkan bisnis. Untuk itu, Anda dihentikan menghabiskan semua laba bisnis untuk anggaran pribadi dengan seenaknya.

Hindari Piutang

Sebaiknya Anda menghindari piutang atau pembeli yang berhutang pada Anda. Mungkin Anda mampu sesekali memperlihatkan piutang pada pelanggan Anda. Namun, Anda harus membatasinya dan jangan hingga terjadi penumpukan piutang yang terlalu banyak. Karena kalau tidak, modal Anda tidak segera kembali padahal Anda juga membutuhkannya.

Bayar Tagihan Tepat Waktu

Penting untuk membayar semua tagihan sempurna waktu. Baik itu pembayaran kartu kredit, hutang atau pinjaman, maupun pajak. Jika Anda terlambat membayar, maka Anda sendiri yang rugi alasannya ialah akan terkena hukuman berupa denda yang akan menguras uang Anda. Keterlambatan juga menciptakan hati Anda tidak hening dikala menjalankan usaha.

Siapkan Dana Darurat

Anda tidak mampu memprediksi hal-hal yang akan terjadi ke depannya. Mungkin saja suatu hari omzet Anda menurun alasannya ialah persaingan bisnis atau bisnis Anda terkena petaka sehingga Anda mengalami kerugian yang besar. Guna mengatasinya, Anda perlu menyiapkan dana darurat mulai dari sekarang. Dana darurat tersebut akan menjaga bisnis Anda semoga tidak pribadi kolaps dikala sedang jatuh, atau setidaknya mampu membantu mengurangi beban dikala perjuangan Anda mengalami kerugian.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *