3 Bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) Yang Menjanjikan

3 Bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) Yang Menjanjikan

Usaha kecil menengah (UKM) yakni salah satu motor aktivis perekonomian di negara kita, bahkan berdasarkan isu yang aku baca di aneka macam media informasi, Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan ‘tulang punggung’ perekonomian di Indonesia. Usaha kecil menengah (UKM) yang ada di negara kita ini menyumbang sekitar 60% dari PDB (Product Domestic Bruto) dan juga menyampaikan kesempatan kerja pada banyak masyarakat kita. Jadi, bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) di Indonesia akan terus berkembang dan menyampaikan peluang perjuangan bagi mereka yang menyukai dunia wirausaha.

Walaupun dunia perjuangan di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat, tidak sedikit dari antara kita yang kesulitan untuk menentukan jenis perjuangan yang akan digeluti. Alasannya beragam, ada yang sulit memulai perjuangan alasannya yakni kurangnya modal, kurang pengalaman, tidak punya pengetahuan bisnis, tidak mengerti cara pemasaran bisnis, dan masih banyak lagi hambatan lainnya. Tentu saja semua hambatan dan tantangan ini tidak menciptakan kita berhenti berusaha dalam membangun bisnis sendiri, alasannya yakni setiap perjuangan memang akan selalu punya tantangan tersendiri yang harus dilalui.

Nah bagi Anda yang ingin memulai perjuangan sendiri, berikut ini kami rangkum beberapa bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) yang cukup menjanjikan, bahkan diantaranya bisa kita jalankan dengan modal yang kecil.

Bisnis UKM di Bidang Kuliner

Bisnis masakan yakni jenis perjuangan yang akan selalu laku sepanjang masa, alasannya alasannya yakni kuliner yakni kebutuhan pokok insan yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Bisnis masakan ini pun punya banyak kategori, mulai dari kuliner ringan (camilan), minuman, sampai kuliner pokok. Semua kategori di bisnis masakan ini (camilan, minuman, kuliner pokok) punya potensi yang sangat bagus, tergantung cara kita dalam memasarkannya.

Salah satu pola bisnis masakan kudapan yang cukup sukses yakni bisnis Tahu Jeletot Taisi yang dimiliki oleh Bapak Rudi dari Depok. Usaha tahu jeletot pedas yang dipasarkan melalui internet dengan sistem waralaba ternyata membuahkan hasil yang luar biasa. Saat ini pengusaha tahu jeletot tersebut sudah mempunyai banyak kawan di sekitar Jabodetabek.

Sedangkan bisnis masakan yang cukup sukses untuk kategori kuliner utama yakni bisnis Angkringan Nasi Kucing 78 milik Bapak Bayu dari Jogjakarta. Bisnis ini menunjukkan sistem waralaba dan dipasarkan melalui media online, dan dikala ini pihak pengelola Angkringan Nasi Kucing 78 sudah mempunyai banyak kawan di aneka macam daerah.

Selain dua bisnis masakan yang aku sebutkan di atas, masih ada banyak sekali peluang perjuangan masakan yang bisa Anda geluti. Silahkan baca artikel perihal bisnis masakan lainnya.

Bisnis UKM di Bidang Fashion

Sama halnya dengan bisnis kuliner, bisnis fashion (pakaian) yakni jenis bisnis yang sangat potensial dan akan selalu dicari oleh banyak orang. Alasannya sangat sederhana, pakaian yakni kebutuhan sekunder bagi manusia, dan insan kini ini punya banyak impian untuk model pakaian mereka.

Bisnis fashion mempunyai banyak sekali kategori yang bisa dimanfaatkan, contohnya kategori pakaian laki-laki atau wanita, pakaian muslim, pakaian model korea, dan masih banyak lagi. Salah satu bisnis busana muslim yang cukup sukses yakni Jilbab Rabbani yang membidik sasaran market khusus perempuan muslimah. Jilbab Rabbani juga menyampaikan kesempatan kepada pengecer untuk menerima keuntungan dari penjualan produk mereka dengan cara menjadi reseller.

Yang menarik dari bisnis fashion dikala ini adalah, kita bisa bisa mempunyai bisnis fashion dengan modal yang sangat minim namun potensi manfaatnya cukup menggiurkan. Banyaknya suplier fashion yang menunjukkan sistem penjualan dengan cara reseller ataupun dropship, sehingga kita cukup mengeluarkan modal yang relatif kecil untuk memulai bisnis ini.

Bisnis di Bidang Pendidikan

Pendidikan yakni modal penting bagi perkembangan tiap generasi sebuah bangsa. Boleh dibilang bangsa yang memperhatikan pendidikan generasi penerus mereka yakni bangsa yang akan sukses di segala lini. Nah, alasannya yakni begitu pentingnya pendidikan dan masih kurangnya sarana pendidikan yang ada di negara kita ini, maka ini bisa menjadi peluang perjuangan yang bisa dimanfaatkan oleh mereka yang mempunyai keterampilan atau keahlian di bidang tertentu.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis perjuangan kecil menengah yang bergerak di bidang pendidikan, salah satunya yakni forum pendidikan robot terbesar di Indonesia, yaitu Robota Robotics School. Lembaga pendidikan ini memang belum menyentuh semua kalangan, namun perlahan dan niscaya dunia pendidikan robotika akan menyebar ke seluruh masayarakat Indonesia.

Contoh lain bisnis UKM dibidang pendidikan yakni forum pendidikan bahasa Inggris, International Language Program (ILP). Perkembangan dunia kerja dan dunia perjuangan yang mengharuskan kita mempunyai kemampuan dalam berbahasa Inggris tentunya bisa menjadi sebuah peluang usaha. ILP menunjukkan bisnisnya dengan sistem waralaba, sehingga mereka yang tertarik dengan bisnis ini bisa mempunyai perjuangan sendiri tanpa harus memulainya dari nol. Jadi, peluang perjuangan di bidang pendidikan memang sangat potensial.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *