3 Bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM)

3 Bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM)

Bisnis di Bidang Otomotif

Perkembangan dunia otomotif di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Lihat saja jumlah sepeda motor dan kendaraan beroda empat yang semakin banyak, tentunya ini mampu menjadi salah satu peluang perjuangan bagi mereka yang jeli memanfaatkannya. Bisnis otomotif tidak harus besar, yang penting kesudahannya menguntungkan dan jangka panjang.

Beberapa perjuangan yang mampu dimanfaatkan di bidang otomotif yaitu jasa bengkel dan spare part, jasa basuh motor/mobil, menjual perlengkapan kendaraan bermotor, dan masih banyak lagi. Banyak sekali ceruk di bisnis otomotif yang mampu kita manfaatkan, contohnya menjual helm sepeda motor. Bagi sebagian orang mungkin jualan helm itu biasa saja, namun bagi mereka yang jeli niscaya akan mampu menerima laba besar hanya dari berjualan helm sepeda motor.

Bisnis UKM di Bidang Agrobisnis

Anda niscaya pernah mendengar lagu Koes Plus “Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat, kayu dan kerikil jadi tanaman…”. Yup, negara kita memang terkenal dengan aneka macam tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai materi pangan dan kebutuhan lainnya, mulai dari beras, aneka sayuran, aneka buah-buahan, dan tumbuhan penting lainnya. Kebutuhan akan materi pangan dan nutrisi nabati tentunya menciptakan bisnis UKM agrobisnis di bidang pertanian akan terus diperlukan masyarakat Indonesia, bahkan kita mampu mengekspor ke luar negeri.

Bisnis UKM di bidang Agrobisnis lainnya yaitu peternakan. Seperti kita ketahui, protein hewani yaitu salah satu kebutuhan pokok manusia, itulah sebabnya mengapa bisnis peternakan akan selalu dibutuhkan. Sayangnya, walaupun perjuangan agrobisnis peternakan telah menelurkan banyak miliuner sukses di Indonesia, belum banyak pengusaha muda yang menggeluti bidang ini lantaran dianggap terbelakang dan hanya cocok untuk masyarakat pedesaan.

Bisnis di Bidang Teknologi Internet

Bukan diam-diam lagi bahwa internet menyampaikan banyak sekali peluang perjuangan bagi kita. Bukan hanya pada mereka yang telah mempunyai bisnis REAL, tapi juga pada mereka yang belum mempunyai bisnis. Yang aku maksudkan di sini yaitu bisnis internet yang memang khusus dibangun untuk bisnis internet jangka panjang, atau biasanya disebut dengan startups bisnis.

Ada banyak jenis startup yang ada di Indonesia, mulai dari startup di bidang eCommerce, media online, aplikasi, dan lain-lain. Salah satu startup bisnis yang unik yaitu komik digital Si Juki yang memperlihatkan konten segar dan lucu bagi para pembacanya. Startup Indonesia lainnya yang cukup terkenal yaitu Buka Lapak, yaitu situs ecommerce yang mempelopori keamanan transaksi online. Masih banyak startup lainnya yang sedang berkembang di Indonesia, ini menunjukan bahwa pasar online merupakan pasar yang sangat potensial.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *