4 Manfaat Menyampaikan Permintaan Maaf di Tempat Kerja

Menjadi Pemimpin yang Disegani
Banyak bos yang ogah meminta maaf, meskipun dalam hati menyadari bahwa mereka bersalah. Malahan, terkadang karyawan yang disalahkan dan dimarahi sehingga menciptakan karyawan tidak bahagia dan tidak betah untuk bekerja lebih lama.

Memang Anda bisa dengan gampang mencari karyawan baru. Namun, tentu saja hal tersebut akan mengganggu produktivitas kalau penggantian karyawan sering terjadi. Citra bisnis Anda juga akan tercoreng kalau kondisi internal kerap bermasalah.

Maka dari itu, sangat penting untuk memberikan seruan maaf dikala Anda bersalah. Jangan merasa gengsi untuk mengakui kekurangan, lantaran karyawan akan menghargai niat baik Anda dan semakin merasa segan terhadap Anda.

Memperbaiki Kekurangan Diri
Anda akan dicap sebagai pemimpin yang jelek kalau suka berbuat salah tetapi tidak mau mengakuinya. Kekompakan tim niscaya terganggu lantaran karyawan yang dikecewakan akan mulai kehilangan antusias untuk bekerja.

Oleh alasannya yaitu itu, Anda harus terus-menerus mengintrospeksi diri. Sadari apa yang menjadi kekurangan Anda sebagai pemimpin. Jangan aib menanyakan eksklusif kepada bawahan Anda lantaran masukan dari karyawan akan memiliki kegunaan untuk memperbaiki diri.

Dengan begitu, Anda bisa menjadi pribadi dan sosok pemimpin yang lebih baik. Dampaknya, Anda akan lebih bisa membangun tim yang solid untuk menyebarkan bisnis Anda.

Menjaga Hubungan Emosional
Hubungan emosional yaitu ikatan perasaan antara dua orang atau lebih. Dalam kepemimpinan, kekerabatan atasan dengan bawahan sanggup terbentuk lantaran kesamaan visi dan misi, serta kenyamanan dalam bekerja.

Sebagai atasan, Anda mesti mengapresiasi karyawan yang berkinerja baik. Sebab, karyawan akan loyal kalau Anda memperlakukannya dengan baik.

Maka dari itu, belajarlah untuk meminta maaf kalau Anda melaksanakan kesalahan. Harga diri Anda tidak akan jatuh kalau Anda bersikap rendah hati, malah karyawan akan semakin respek pada Anda dan kekerabatan emosional pun akan tetap terjaga.

Mencegah Masalah Membesar
Ketika konflik terjadi, komunikasi cenderung tidak selancar biasanya. Karyawan akan mulai menghindari Anda dan hanya berbicara seperlunya saja.

Namun, dengan memberikan permohonan maaf, ketegangan bisa mereda lantaran karyawan Anda akan kembali membuka diri. Anda pun lebih lega lantaran tidak lagi menyimpan kesalahan Anda.

Selain itu, kalau konflik segera teratasi, duduk perkara pun tidak akan membesar. Sebab, kalau hingga membesar, Anda sendiri yang akan kerepotan lantaran karyawan yang sakit hati bukan hanya akan resign, melainkan mungkin saja melaksanakan hal yang tidak-tidak untuk menciptakan Anda menyesal.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *