Tak Usah Khawatir, Begini Cara Mendapatkan Modal Usaha


Tabungan
Uang yang sudah Anda kumpulkan selama beberapa tahun mungkin sudah banyak jumlahnya. Anda boleh memakai tabungan tersebut untuk memodali perjuangan Anda.

Namun, sebaiknya jangan ambil seluruh tabungan untuk berbisnis. Sisakan sebagian untuk dana darurat yang nantinya akan berkhasiat kalau suatu hari Anda mengalami duduk perkara finansial dan membutuhkan biaya untuk keperluan tak terduga.

Kerja Freelance
Mengandalkan honor bulanan dari pekerjaan full-time mungkin tidak cukup. Maka dari itu, coba cari pekerjaan lepas yang mampu dikerjakan pada waktu luang supaya Anda punya penghasilan tambahan untuk menambah modal usaha.

Coba manfaatkan talenta dan keterampilan yang Anda miliki untuk bekerja freelance. Misalnya, kalau Anda punya kamera dan pintar memotret, maka jangan cuma dijadikan hobi alasannya adalah Anda mampu sajaa menjadi fotografer freelance.

Jual Sebagian Harta
Anda mampu menjual harta eksklusif mirip perhiasan, kendaraan, dan barang elektronik. Tidak perlu dijual semuanya, tapi cukup sebagian untuk memodali perjuangan Anda.

Namun, kalau tidak terlalu mendesak, hindari menjual barang personal yang sangat berkesan mirip cincin ijab kabul atau benda warisan dari orang tua. Akan tetapi, kalau tak ada jalan lain, ya apa boleh buat. Silakan putuskan sendiri mana yang terbaik untuk Anda.

Cari Rekan Bisnis
Mau berbisnis sendirian? Anda harus siap menanggung modal perjuangan seorang diri. Tentu saja sulit kalau bisnis yang ingin Anda buka membutuhkan modal yang besar.

Namun, supaya beban keuangan Anda mampu lebih ringan, maka coba cari rekan bisnis untuk merintis perjuangan patungan. Atau, mampu juga cari investor yang sejalan dengan planning Anda dan tertarik untuk mendanai perjuangan Anda.

Pinjam Uang
Ada beberapa cara menerima modal perjuangan dengan meminjam uang. Anda mampu pergi ke bank, atau mendatangi kerabat terdekat yang berkenan untuk meminjamkan uang.

Namun, biasanya pinjaman akan disertai dengan bunga. Hal ini tentu berisiko tinggi alasannya adalah Anda harus selalu mengembalikan pinjaman sempurna waktu semoga tidak terkena hukuman dan duduk perkara lainnya.

Coba Crowdfunding
Apakah Anda yakin ilham bisnis Anda menarik dan berpotensi? Jika iya, coba lakukan kampanye di situs crowdfunding untuk menerima pendanaan online dari sejumlah orang yang tertarik dengan konsep perjuangan Anda.

Pastikan Anda menjelaskan secara detail wacana bisnis yang ingin Anda jalankan. Dengan klarifikasi yang menarik, pasti bisnis Anda mampu memperoleh banyak tunjangan dan pendanaan.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *