Tips Bisnis Dari Sang Pendiri Facebook Mark Zuckerberg

Tips Bisnis Dari Sang Pendiri Facebook Mark Zuckerberg
Siapa sih yang tidak tahu jejaring sosial yang satu ini ? Facebook merupakan jejaring sosial dengan jumlah pemakai terbanyak di dunia. Hampir dua pertiga dari insan di dunia memakai jejaring sosial yang satu ini. Melihat hal ini, tentu sudah mampu dibayangkan bukan betapa kayanya pendiri Facebook ? Pria yang berjulukan Mark Zuckerberg merupakan tokoh di balik munculnya jejaring sosial yang resmi diluncurkan pada tahun 2004 ini.

Hanya dalam waktu beberapa tahun saja, Mark sudah berhasil menjadi cowok kaya raya. Tentu saja kesuksesan yang diraih Mark ini menurut kerja keras yang dilakukannya. Selain itu, Mark juga mempunyai tips bisnis yang patut dicontoh oleh anda para pelaku bisnis, tak hanya pelaku bisnis IT saja namun pelaku segala lini bisnis. Lalu apa saja tips bisnis dari sang pendiri Facebook, Mark Zuckerberg ini ? Berikut rangkumannya.

Membangun Bisnis Dari Nol Dengan Ketekunan Dan Tidak Pernah Putus Asa

“Kami membangun sesuatu yang kami pikir bagus, Kami ingin membantu orang membuatkan foto, video, dan membuatkan pesan satu sama lain”

Facebook yang didirikan oleh Mark bukanlah sebuah bisnis yang berdiri secara kebetulan, namun Mark telah merancangnya mulai dari mimpi. Tak cukup dengan mimpi, semua kesuksesan harus dirancang dengan sebuah anutan yang besar. Begitu pun dengan yang dilakukan Mark. Ya, meskipun awalnya Mark menciptakan Facebook sebagai peran kampus, namun selanjutnya Mark mulai berfikir untuk mengembangkannya menjadi lebih besar.

Tak hanya Mark, sangat banyak para pebisnis IT sukses di dunia kini ini justru memulai bisnisnya dari kecil atau dari nol. Seperti Steve Jobs sang pendiri Apple dan Bill Gates sang pendiri Microsoft, mereka semua berani memulai bisnisnya dari kecil dan tak pernah mempermasalahkan dan mengeluhkan hal itu. Bahkan diketahui Mark memulai membangun bisnisnya hanya dari kamarnya sendiri.

Sejak kecil Mark merupakan seorang laki-laki yang suka berdiam diri di depan komputer dan menciptakan program. Bahkan sampai memasuki dingklik kuliah pun kesukannya tersebut masih ada dalam dirinya. Dan baiknya, aktivitas yang dilakukan menurut harapan diri sendiri tersebut mampu membuahkan hasil yang begitu memukau. Sebab, ketika seseorang menjalankan bisnis sesuai keinginan, rasa semangat untuk menjalankannya akan jauh lebih tinggi.

Salah satu kunci kesuksesan dari Mark yaitu ketekunannya dalam bekerja. Mark tak pernah sekalipun mempunyai rasa frustasi dalam membangun bisnisnya tersebut. Hingga balasannya bisnis yang ia jalankan mencapai puncaknya mirip dikala ini.

Fokus, Percaya Diri Dan Tidak Takut Hadapi Pesaing
Fokus pada tujuan utama yaitu mencapai kesuksesan juga perlu. Karena dengan menjaga kefokusan anda, setiap halangan tak akan dijadikan sebagai alasan untuk tak meneruskan bisnis tersebut. Dan selain itu jalankan bisnis dengan rasa percaya diri yang tinggi.

Ya, karena ketika orang mempunyai rasa percaya diri yang tinggi, maka ia juga akan lebih mantap dalam memilih tindakan. Sebagai pendukung, mulai bisnis semenjak nol yang dibarengi dengan rasa percaya diri yang tinggi niscaya akan memperlihatkan progress yang baik terhadap bisnis yang dijalani.

Dan selain itu, setiap bisnis yang anda jalankan pastilah mempunyai pesaing, bahkan banyak pesaing yang nota bennya lebih besar dan mempunyai modal yang kuat. Namun dalam hal ini, Mark menegaskan untuk tidak pernah merasa takut atau minder pada pesaing bisnis yang sudah lebih dulu mencapai kesuksesan. Jika anda yakin dan tetap tekun menjalankan bisnis tersebut, maka bukan hal yang tidak mungkin jikalau anda mencapai kesuksesan yang sama.

About the Author: kyak

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *